UTS IAD

ANDREAS P.

094284036/C

FIS/S-1 PEND. SEJARAHAH ‘09

 

UTS IAD (ILMU ALAMIAH DASAR)

 

  1. Tulislah poin-point penting belajar IAD (Ilmu Alamiah Dasar) dalam pembelajaran Sejarah?

Point-point penting atau tujuan utama dari pentingnya pembelajaran IAD atau Ilmu Alamiah Dasar sebagai berikut :

  • Meningkatkan Iman dan Taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, melalui pemahaman tentang Eksistensi dan hakekat alam semesta,
  • Meningkatkan kesadaran manusia, tentang keterkaitan antara kehidupan manusia dengan alam dan lingkungan,
  • Meningkatkan wawasan tentang alam dan lingkungan yang memberikan kekuatan, bagi sumber-sumber kemakmuran masyarakat.
  • Meningkatkan kecintaan sumber daya alam dan lingkungan
  • Meningkatkan nilai-nilai sumber daya alam dan lingkungan sebagai pendorong semangat ilmiah dalam kaitan dengan perkembangan IPTEK,
  • Mengembangkan kemampuan pribadi untuk berkehidupan masyarakat terutama dalam bidang kekaryaan dan profesi,
  • Mampu berpikir secara rasional, sistematis, dan bersikap profesional dalam menyelesaikan masalah hidup,
  • Berjiwa besar dan mampu menerima pendapat orang lain secara logis dan ilmiah,
  • Memupuk rasa tanggung jawab terhadap sumber daya alam dan lingkungan,
  • Mengembangkan interaksi yang selaras antara disiplin ilmu eksak dan non ekasak.

Di lihat tujuan di atas dapat disimpulkan atau di ambil point dari pentingnya belajar IAD dalam pembelajaran Sejarah, yaitu keterkaitan antara Ilmu sosial dan Ilmu alam bahwa saling melengkapi dan sama-sama membutuhkan Ilmu Bantu dalam mengaplikasikan atau mempertanggungjawabkan penemuan Ilmiah atau penemuan sejarah dengan Logis dan Ilmiah.

 

  1. Jelaskan komponen dari Human Capital Investment?

Sejak dilahirkan, manusia mempunyai modal dalam interaksi dengan alam atau dapat menginvestasikan kemampuannya terhadap alam dengan menggunakan panca inderanya. Panca indera merupakan alatkomunikasi antara alam dengan manusia yang membuahkan pengalaman. Manusia memiliki kemampuan berpikir dan bernalar, inilah salah satu kelebihan sifat unik manusia yang berbeda dengan makhluk hidup lainnya. Rasa ingin tahu manusia juga menjadikan manusia bermodal investasi, dengan selalu nerpikir dan mersesapi apa yang terjadi di alam dan membuahkan sebuah karya atau pemikiran baru. Manusia diciptakan di dunia untuk selalu berpikir dan rasa ingin tahu dan bagaimana cara menyelesaikan sebuah masalah.

Beberapa kelebihan manusia di antara makhluk lainnya akan saya jelaskan di bawah ini :

  • Manusia sebagai makhluk berpikir yang bijaksana, yang dicerminkan dalam tindakan dan perilakunya terhadap lingkungan,
  • Pada manusia terjadi pengambilan dan penggunaan mkanan atau pertukaran zat, antara zat yang masuk dan zat yang dikeluarkan,
  • Manusia mampu memberikan tanggapan atau reaksi terhadap rangsangan dari dalam dan luar atau perubahan sekitarnya,
  • Manusia memiliki potensi atau kemampuan berkembang biak,
  • Tumbuh dan bergerak serta mempunyai daur hidup.
  • Berinteraksi dengan lingkungan,
  • Bila tiba masanya, manusia akan mati,
  • Dan kelebihan manusia yang utama dan beda dari yang lainnya adalah Rohaninya, yakni akal budi dan kemauannya yang sangat kuat sehingga manusia dapat mengembangkan kemampuan ilmu pengetahuan dan tekhnologi.

 

  1. Jelaskan Pseudo Science dan contoh penerapan di sekitarmu?

Pseudo Science adalah Ilmu pengetahuan, metodologi, keyakinan, atau praktek yang diklaim sebagai ilmiah tetapi tidak mengikuti metode ilmiah dan seringkali berbenturan dengan ilmu Ilmiah.

Contoh penerapan : mitos masyarakat desa atau tradisi lokal masyarakat akan ilmu semu tersebut tapi dapat diyakini dan terkadang memang dapat di nalar akan kebenarannya, seperti halnya dengan Horoskop atau ramalan Bintang yang sering kali dipercayai hingga saat ini, Gunung api meletus yang katanya orang-orang sepuh kalau dewa sedang marah atau murka, terjadinya Gerhana Bulan mitos katanya bahwa Bulan di makan Raksasa, dan masih banyak contoh-contoh Pseudo science di kehidupan Masyarakat.

 

  1. Cain dan Evans (1990) menyatakan bahwa IPA mengandung empat hal. Berikanlah penjelesan dalam bentuk bagan dan contohnya?

IPA menurut Cain dan Evans mengandung empat hal, yaitu konten, proses, sikap, dan tekhnologi. IPA sebagai Konten atau Produk berarti bahwa di dalam IPA terdapat fakta-fakta, hukum-hukum, prinsip-prinsip, dan teori-teori yang sudah di terima kebenarannya, contoh Rumus-rumus pelajaran. IPA sebagai proses atau metode berarti bahwa IPA merupakan suatu proses atau metode untuk mendapatkan pengetahuan, contoh rasa ingin tahu manusia dengan membuktikan kebenaran pensil yang dimasukkan ke dalam air terlihat bengkok. IPA sebagai sikap berarti bahwa IPA dapat berkembang karena adanya sikap tekun, teliti, terbuka, dan jujur, contoh dengan sikap berusaha mencari kebenaran dengan beberapa metode. IPA sebagai teknologi mengandung pengertian bahwa IPA terkait dengan peningkatan kualitas kehidupan,contoh IPTEK semakin pesat.

 

 

 

  1. Buatlah contoh rumusan masalah, hipotesis, variabel penelitian, devinisi operasional variebel dalam penelitian sejarah?
    1. Rumusan masalah, saya mengambil judul “PENGHORMATAN MASYARAKAT TUBAN TERHADAP RONGGOLAWE (MAKAM ISLAM)”
      1. Apa Peran Ranggalawe bagi Majapahit dan Kota Tuban?
      2. Kenapa Ranggalawe sering disebutkan sebagai Pemberontak?
      3. Mengapa Ranggalawe dimakamkan secara Islam?
  2. Hipotesis
    1. Peran Ronggolawe andil dalam babad Majapahit
    2. Pemberontakan Ronggolawe terhadap Majapahit, disebut pahlawan atau pemberontak.
    3. Sebagai penghormatan masyarakat Tuban terhadap jasa Ronggolawe.
  3. Variabel Penelitian
    1. Variabel Kontrol, karena saya dalam penelitian ini menjaga dan menggunakan metode yang dapat mempengaruhi penelitian sebelumnya tentang Ronggolawe sebagai Pahlawan, dengan menggunakan Prosedur penelitian yang benar. Mengumpulkan Sumber-sumber yang di dapat dan mengkaji dan tidak memanipulasi sumber yang di dapat, agar penelitian yang dihasilkan memang benar adanya tanpa ada manipulasi variabel.
  4. Devinisi Operasional Variabel
    1. Pemberontakan Ronggolawe yang di anggap sebagai pemberontak, karena Ronggolawe melakukan perlawanan terhadap Raja dan melawan dengan menyerang Majapahit.
    2. Penghormatan Ranggalawe, karena banyak peran yang diberikan Ranggalawe pada awal pembabatan Hutan,dan juga ikut mengusir tentara Tar-tar. Sehingga Dia merasa Gelar akan Imbalan yang di dapat dari Raja tidak sesuai yang dijanjikan. Pengabdian Ronggolawe dari awal hanya untuk Majapahit, tetapi di adu domba oleh Mahapati. Sehingga Ronggolawe di kira memberontak. Penghormatannya bagi masyarakat Tuban karena Ronggolawe seorang Adipati dan dimakamkan Islam, karena pada saat itu penyebaran Islambelum menyebar menyeluruhdi Jawa sehingga keturunan yang menjabat Buoati memakamkan Ronggolawe secara Islam agar dapat selalu dikenang oleh masyarakat Tuban.

 

  1. Bedakan Zaman Paleolithikum, Zaman Mesolithikum, Zaman Megalitikum dalam bentuk tabel.

PERBEDAAN dan PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN ZAMAN BATU

DI INDONESIA

 

ZAMAN

CIRI KEHIDUPAN MASYARAKAT

HASIL KEBUDAYAAN

Paleolithikum

  1. Alat-alat kasar
  2. Nomaden
  3. Berburu danmengumpulkan makanan (food-gathering)
  4. Berkomunikasi dengan bahasa isyarat
  5. Kebudayaan masih primitif dan sederhana
  6. Belum tahu cara bercocok tanam
Kebudayaan Pacitan:

  1. Kapak genggam (chooper)
  2. Alat serpih (flakes)

 

Kebudayaan Ngandong :

  1. Alat serpih (flakes)
  2. Kapak genggam
  3. Alat-alat dari tulang dan tanduk

Mesolithikum

  1. Berburu dan menangkap ikan (food-gathering)
  2. Hidup mulai menetap (semi sedenter) digua-gua (Abris sous Roche)
  3. Alat-alat yang digunakan mendapat pengaruh dari daratan Asia yang merupakan pengembangan alat-alat zaman palaeolitikum
  4. Meninggalkan sampah dapur (kjokkenmoddinger)
  5. Mulai bercocok tanam secara sederhana
Kebudayaan Bandung

  1. Flakes dari obsidian
  2. Microlith (batu kecil)
  3. Pecahan tembikar
  4. Benda-benda perunggu

Kebudayaan Bacson-Hoabinh

  1. Kebudayaan pebble dan perunggu

Kebudayaan Flake

  1. Alat serpih (flakes)
  2. Alat-alat tulang
  3. Mata panah bergerigi

Kebudayaan Bone

  1. Alat-alat dari tulang

Kebudayaan Pebble

  1. a.    Pebble (kapak Sumatralith)
  2. b.    Hache courte (kapak pendek)
  3. c.    Kjokkenmoddinger (sampah dapur)
  4. d.    Pipisan (batu penggiling)

 

 

Megalitikum

  1. Hidup menetap dan berkelompok
  2. Membuat kebudayaan dengan batu besar
  3. Mengenal kepercayaan
  4. Mengenal langkah ilmiah
  • Menhir
  • Dolmen
  • Sarkofagus
  • Kubur batu
  • Punden berundak
  • waruga

 

TTD

1231690_530218827032173_2128793703_n

Tinggalkan komentar